Monday, February 2, 2009

Riwayat Hidup Jonathan Swift

Jonathan Swift lahir di Dublin 30 November 1667. Ia adalah seorang satiris dan jurnalis terkemuka dalam kesusastraan Inggris. Swift pernah menempuh pendidikan di Kilkenny Grammar School (1674-1682) dan melanjutkannya di Trinity College Dublin (1682-1689). Ia termasuk anak yang pandai dan di usia 25 tahun ia telah mendapatkan gelar MA.

Swift juga berperan aktif di kalangan gereja. Ia diangkat menjadi pejabat geraja Anglikan di Irlandia. Tugasnya sebagai petinggi gereja menuntutnya untuk melakukan beberapa perjalanan ke London. Karena hal inilah, essai-essai yang dibuatnya mulai dikenal orang banyak, sehingga dengan cepat ia mampu menjadi tokoh penting dalam kesusastraan Inggris yang saat itu Inggris ada di bawah pimpinan Ratu Anne (1704-1714).

Pada tahun 1710 Swift mencoba untuk memulai karirnya dalam dunia politik melalui peran aktifnya dalam partai Whig yang lebih menekankan sistem pemerintahan parlemen dan memperjuangkan golongan menengah. Namun demikian, seiring dengan perkembanagn politik yang terjadi dan kekecewaan Swift dengan kinerja partainya, ia memutuskan untuk berganti partai dan bergabung menjadi anggota Tory. Ia juga mengambil alih The Examiner, surat kabar yang diterbitkan Tory. Ketika George I menduduki tahta kerajaan Inggris untuk menggantikan Ratu Anne, Tory mulai kehilangan kekuatan politiknya dan Swift memutuskan untuk kembali ke Irlandia. Ia pun kembali bergelut dalam kegiatan gereja dan menjadi pemimpin jemaat gereja Katedral St. Patrick di Dublin. Hal tersebut berpengaruh terhadap tulisan-tulisan Swift berikutnya menjadi lebih bersifat religius.

Swift adalah seorang yang penuh ambisi dan sadar akan keistimewaannya. Keangkuhan dan egosentrismenya yang besar mendatangkan kekecewaan dan kesengsaraan batin pada dirinya sendiri. Ia menaruh perasaan pahit dan dendam terhadap nasibnya dan terhadap masyarakat seluruhnya. Semua itu dilampiaskan dalam tulisan-tulisannya yang bernada satiris. Karyanya Gulliver’s Travels merupakan satir tajam atas apa yang telah ia dapat dalam kehidupannya, walaupun sebagian besar pembaca tidak menyadari. Karya satirnya yang lain adalah A Tale of A Tub (1704) sebuah satire religius, The Drapiers Letter (1724) yang ditulis untuk melawan monopoli pemerintah Ingris terhadap pembuatan uang logam di Irlandia, dan juga ada A Modest Proposal (1729) dengan kenyataan mengejutkan yang menganjurkan bahwa kemiskinan di Irlandia dapat diatasi dengan menitipkan anak-anak untuk diasuh oleh keluarga-keluarga kaya.

Swift meninggal 19 Oktober 1745 di usia 78 tahun. Untuk menghormati jasanya, ia dimakamkan di halaman gerejaKatedral St. Patrick Dublin.

No comments:

Post a Comment