Monday, February 2, 2009

Riwayat Hidup Stephen Crane

Stephen Crane terlahir pada tanggal 1 November 1871 di Newark, New Jersey. Ayahnya yang bernama Dr. Jonathan Townley adalah seorang pendeta di Port Jervis, New York. Crane menjadi siswa di Hudson River Institute di Claverack, New York dari tahun 1888-1890, tetapi ia tidak menyelesaikan studinya. Pada bulan September 1890 ia masuk ke Lafayette College untuk mempelajari ilmu pertambangan, tetapi ia juga tidak menyelesaikan studinya. Crane lebih memilih menjadi seorang penulis lepas dan wartawan di sebuah koran lokal di New York.

Pada saat usianya 22 tahun, Crane menulis novel pertamanya yang berjudul Maggie: A Girl of The Streets (1893). Novel yang diterbitkannya sendiri ini berkisah tentang kisah nyata seorang gadis yang bekerja sebagai pekerja seks. Novel Crane berikutnya adalah The Red Badge of Courage (1895). Novel keduanya ini kemudian menjadi masterpiece. Novel ini berlatar belakang American Civil War yang terjadi di Amerika pada tahun 1861-1865. Meskipun Crane baru terlahir 6 tahun setelah American Civil War berakhir, tetapi ia bisa menggambarkan situasi perang dengan jelas. Banyak para veteran Inggris yang membaca dan mengagumi novel ini.

Novel The Red Badge of Courage ini mengantarkan Crane menerima penghargaan sebagai wartawan yang menulis tentang perang dan pemberontakan di Kuba dan Yunani. Selain novel, Crane juga menulis cerpen dan puisi. Cerpen karya Crane adalah The Open Boat and Other tales (1898) dan The monster and The Other Stories (1899), sedangkan puisinya adalah The Black Rider (1895) dan War Is Kind (1899).
Pada tahun 1897 dalam perjalanannya ke Cuba, Crane bertemu dengan Cora Taylor yang kemudian menjadi istrinya. Crane meninggal dunia di usianya yang ke 28 di Badenweiler, Jerman karena penyakit Tuberculosis.

1 comment: