Thursday, January 22, 2009

Sinopsis Kembang Jepun

Kembang Jepun bercerita tentang sosok Keke asal Minahasa, Sulawesi Utara, yang dijual sejak usia sembilan tahun kepada seorang pemilik rumah geisha di Surabaya. Untuk mengelabui 'pasar', nama Keke kemudian diubah menjadi Keiko oleh Yoko yang seorang Geisha yang sudah lama menempati Shinju.

Di dalam shinju Keke mengalami kekerasan baik oleh Kotaro Takamura, yang merupakan pemilik rumah geisha di daerah Shinju di Surabaya. Bukan hanya saja oleh Kotaro, tapi Keke juga mendapat perlakuan kasar oleh Yoko yang mengajarinya seni Gesiha. Disini Keke bertemu dengan Tjak Broto, salah seorang pelanggan Shinju yang akhirnya menyukai Keke..

Ketika terjadi peperangan di Surabaya, Keke dibawa lari paksa oleh Hiroshi Masakumi salah seorang pelanggan yang menyukai Keke. Disini dia mendapatkan perlakuan tidak sewajarnya oleh Hiroshi sendiri ataupun ibunya Hiroshi. Selanjutnya diceritakan kesulitan hidup Keke setelah pulang dari Jepang yang mendapatkan kenyataan suaminya sudah menikah dengan perempuan Sunda. Melihat kenyataan itu Keke memilih kembali ke Minahasa. Namun, di tanah kelahirannya pula Keke harus mendaparkan perlakuan kasar, lantaran di sana juga tengah terjadi pemberontakan Permesta. Keke kembali menjadi bulan-bulanan seks, cuma kali ini dari laki-laki bangsa sendiri, tentara Permesta yang merupakan masyarakat yang berasal dari satu suku, satu kebiasaan, dan satu budaya tapi keke berhasil melarikan diri hidup mengasingkan diri di hutan selama 25 tahun. Cerita ditutup ketika pada usia 62 tahun Keke kembali ke dalam pelukan suaminya yang sama-sama sudah berumur.

No comments:

Post a Comment